Seragam kantor atau perusahaan adalah hal yang sering kali sering kita temui dalam keseharian kita, namun sering kali terlupakan dan terabaiakan secara esensinya. Apakah seragam hanya menjadi sebuah bentuk identitas dan pemersatu antara anggota perusahaan, ataukah ada fungsi lainya yang sering kali terlupakan oleh kita?

 

Keterangan 1 – Proses Development Desain PT.PP

 

Vendorin sebagai sebuah Vendor yang berpengalaman tak hanya dalam tahap produksi seragam, namun juga pada desain dan development untuk berbagai jenis perusahaan, menilai aspek pentingnya seragam ternyata sangat mendasar namun penting dalam keberjalanan perusahaan kamu. Bagi teman teman yang baru memulai usaha, bisa nih dijadikan insight nantinya untuk memproduksi seragamnya ya!

 

1. Pendukung Citra Perusahaan

Keterangan 2 – Portfolio Produksi Seragam PT.PP

 

Yang paling utama tentu saja, fungsi seragam sebagai elemen utama dalam penonjolan citra perusahaan kamu. Seragam sebagai elemen branding yang digunakan secara intens (bisa setiap hari kerja dan dipakai oleh seluruh karyawan perusahaan) tentu saja tidak boleh meleset dari branding utama perusahaan kamu.

 

Saat perusahaan sudah menggelontorkan dana puluhan bahkan ratusan juta untuk merancang branding perusahaanya, sayang banget kan kalo misalnya seragam yang digunakan tidak dapat memenuhi standart perusahaan kamu. Ga kebayang kan kalo misalnya kamu kerja di salah satu kontraktor ternama di Jakarta namun nantinya malah dianggap remeh orang karna seragam kamu terlihat sepele dan tidak mencerminkan kelas dan standar perusahaan kamu

 

2. Fungsi Hierarki

Keterangan 3 – Penampakan Seragam sebagai pembeda hierarki karyawan. Portfolio rompi khusus BOD dari PT.PP (Warna Biru) (Source Image: Instagram @ptpp_id)

 

Nah saat fungsi pertama lebih fokus ke aspek eksternal perusahaan kamu, fungsi kedua ini lebih fokus ke aspek internal perusahaan kamu. Fungsi hierarki dimaksudkan untuk dapat mengklasifikasikan human resource di perusahaan kamu dengan menggunakan seragam yang digunakan. Hal ini berfungsi untuk pengenalan yang lebih baik antar sesama anggota perusahaan (apalagi perusahaan yang employee-nya banyak).

 

Perusahaan yang dapat membedakan hierarki antara tiap elemen human resourcenya akan berjalan lebih efektif dan karna mengurangi waktu dan tenaga untuk hal hal formalitas seperti berkenalan dan basa basi. Selain itu miss-komunikasi dan miss-treatment juga dapat dihindari antara sesama anggota perusahaan.

 

3. Fungsi Teknis dan Praktikal

(Source Image: Instagram @ptpp_id)

 

Fungsi ketiga ini lebih fokus terhadap produknya. Seragam perusahaan yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan performa kerja karyawanya, terutama untuk perusahaan yang bergerak di bidang mekanikal dan teknis. Dengan desain seragam yang mendukung pola kerja karyawan dengan maksimal, tak hanya resiko kecelekaan kerja yang dapat diminimalisir, proses pekerjaan karyawan pun akan lebih maksimal. Pemadam kebakaran dapat kita jadikan contoh disini. Penggunaan fire-proof material dalam desain seragam pemadam kebakaran akan meningkatkan performa pemadam karyawan dan secara overall juga dapat memberikan manfaat lebih kepada masyarakat.

 

4. Fungsi Establishment

Keterangan 4 – Portfolio seragam Waskita saat dikenakan oleh karyawan PT. Waskita Karya dengan penuh kebanggaan.

 

Yang terakhir secara global adalah pengkokohan posisi perusahaan kamu secara umum, dan diri kamu sendiri secara khusus di mata khalayak umum. Aspek pride atau rasa bangga tentu saja akan meningkatkan rasa percaya diri kamu. Dan untuk perusahaan, citra karyawan yang sedang menggunakan seragamnya pun dapat meningkatkan citra perusahaan secara keseluruhan.

 

Nah setelah baca blog dari Vendorin ini, yuk lebih aware dan cermat dalam mendesain seragam perusahaanya ya. Seek professional help bisa menghemat banyak budget yang gak penting kedepanya looh!!

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *