Segala hal yang berhubungan dengan perusahaan haruslah dijaga dengan baik, tidak terkecuali seragam perusahaan. Seragam perusahaan yang baik tidak hanya menjadi sebuah formalitas saja, namun juga memiliki peranan penting baik dari sisi Human Resource maupun sisi Marketing.
Human Resource
Setiap divisi HR tentu memiliki beberapa indikator yang harus diperhatikan agar perusahaan memiliki performa yang baik. Dan salah satu indikator yang mungkin cukup familiar dan penting adalah employee engagement.
Lalu apa hubungannya memiliki seragam yang baik dengan employee engagement?
1. Membedakan Waktu Bekerja dengan Kegiatan Lainnya
Ketika karyawan memakai “seragam kerja”, pikiran mereka akan memberikan sinyal bahwa itu saatnya mereka bekerja. Dengan begitu, mereka akan memfokuskan pikiran dan perilaku mereka pada hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan.
2. Membuat Merasa Adanya Kesatuan & Semangat Tim
Dengan menggunakan seragam yang sama, karyawan akan lebih merasakan adanya kesamaan tujuan yang ingin dicapai. Dan dengan adanya rasa kesamaan itu pula, para karyawan biasanya merasakan kesolidaritasan dalam sebuah tim. Dan lebih baik lagi, jika karyawan merasa bangga dengan identitas perusahaannya, biasanya mereka pun merasa bangga dengan apa yang mereka kerjakan.
3. Keamanan & Fungsionalitas
Dalam beberapa kasus atau lingkungan kerja, memiliki seragam yang sesuai dengan regulasi keamanan merupakan sebuah keharusan. Seperti contohnya seragam berwarna merah pada karyawan HSE yang mengindikasikan peranan keamanan dan juga menjadi mudah dilihat. Tentu keselamatan karyawan juga menjadi hal utama yang harus diperhatikan perusahaan.
4. Efisiensi Waktu
Mungkin terlihat sepele, namun dengan sudah ditentukannya seragam yang harus dipakai membuat karyawan bisa lebih memfokuskan waktunya untuk hal yang lebih penting.
Marketing
Sebagai sebuah divisi yang diandalkan untuk menginformasikan dan “membujuk” konsumen untuk membeli produk perusahaan, tentunya haruslah dilakukan dengan sebaik dan sekreatif mungkin.
Lalu bagaimana sebuah seragam dapat menjadi alat yang baik untuk kegiatan merketing?
1. Brand Identity
Mengintegrasikan Brand Identity perusahaan dengan seragam perusahaan yang dipakai oleh setiap karyawan dapat membantu secara langsung dan dilihat oleh customer itu sendiri. Hal ini bisa membuat para pelanggan lebih mengenal identitas perusahaan dan mengasosiasikan produk atau jasa yang ditawarkan.
2. Customer Experience
Pelanggan akan sangat menilai apa yang dipresentasikan oleh perusahaan. Dengan karyawan yang terlihat rapi dan sopan dapat membuat impresi pelanggan terhadap perusahaan menjadi lebih baik.
3. Berbeda Dengan Competitor
Ketika pelanggan melihat sesuatu yang tidak biasa dia lihat, tentunya akan dengan mudah menarik perhatian mereka. Dengan keluar dari stigma “itu-itu saja” dapat membuat pelanggan lebih penasaran dan ingin mengetahui lebih lanjut tentang sebuah perusahaan.
Sekian hal-hal yang mungkin bisa diaplikasikan ke perusahaan kamu.
Masih bingung desain seragam yang baik untuk perusahaan kalian itu sebaiknya bagaimana?
Atau mungkin sudah memiliki bayangan namun ingin membicarakan lebih lanjut tentang detilnya?
Segera hubungi kami saja ya!