Customer Relationship yang baik merupakan sebuah hal yang harus diperhatikan oleh setiap perusahaan. Dengan adanya hubungan baik yang terjalin antara perusahaan dengan client, tentunya client akan merasa lebih percaya dan ingin tetap melakukan bisnis dengan perusahaan tersebut.

 

Lalu, apa sih yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut?

 

1.Proaktif dalam komunikasi

Menjadi proaktif artinya adalah sebuah perusahaan jangan saja hanya menjawab pertanyaan client ataupun sekedar memberikan informasi produk atau layanan yang ditawarkan, namun juga harus bisa menanyakan dan mencari tahu apa yang dibutuhkan oleh client.

 

Selain menumbuhkan rasa kepercayaan, menjadi proaktif juga dapat meminimalisir kemungkinan adanya permasalahan di waktu mendatang.

 

Memastikan hal-hal yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan client, menginfokan setiap hal-hal yang terjadi, dan memberikan laporan dan alternatif solusi jika ada suatu permasalahan adalah beberapa bentuk dari proaktif yang seharusnya dilakukan.

 

2. Menerima feedback atau umpan balik

Client yang sudah menggunakan atau mencoba produk/jasa yang ditawarkan sebuah perusahaan pasti memiliki opini tentang apa yang mereka rasakan.

 

Dengan banyaknya mendengar opini tersebut, maka sebuah perusahaan tentunya akan lebih memahami dan memiliki gambaran apakah produk/jasa yang ditawarkan sudah sesuai dengan keinginan client.

 

Dan apabila ada hal yang negatif dari feedback yang diterima, tentunya ini bisa menjadi hal baik untuk sebuah perusahaan untuk terus meningkatkan kualitas produk/pelayanan. Karena salah satu indikator perusahaan yang baik tentunya adalah perusahaan yang dapat melakukan continuous improvement.

 

3. Meminta maaf apabila memang diperlukan

Setiap perusahaan pastinya pernah memiliki kesalahan yang tidak diinginkan. Tentu ini bukan hal yang diinginkan oleh perusahaan maupun dari client. Jika memang terjadi sebuah kesalahan, segeralah meminta maaf kepada client dan menjelaskan secara detail mengapa hal tersebut bisa terjadi. Lalu jangan sampai juga sebuah perusahaan tidak menawarkan solusi atas permasalahan yang terjadi.

 

Dengan melakukan hal tersebut, seharusnya client bisa mengerti dan memahami situasi tersebut dan perusahaan tidak kehilangan kepercayaan client tersebut.

 

Namun bukan berarti kesalahan ini dapat dilakukan berulang-ulang ya.

 

4. Mengapresiasi client.

Mungkin hal ini terlihat sepele, namun dengan mengapresiasi dan mengucapkan rasa terima kasih sebuah perusahaan kepada client karena telah memakai produk/jasa mereka, maka client pun akan merasa dihargai dan akan lebih merasa positif terhadap perusahaan tersebut.

 

Hal-hal seperti memberikan kartu ucapan, memberi program khusus, dan mem-post foto atau video di social media, adalah beberapa contoh yang dapat dilakukan sebuah perusahaan dalam menjaga hubungan dengan client.



5. Menjadi diri anda sendiri

Lebih dari sekedar produk/jasa yang ditawarkan perusahaan, ada hal lain yang dapat menjadi penentu seorang client memutuskan memilih produk/jasa sebuah perusahaan.

 

“Karakter” khusus yang ditampilkan dari mulai keramahan, kreatifitas, keunikan, hingga kemampuan dalam memecahkan sebuah masalah menjadi sebuah karakter khusus yang dapat membuat client lebih memilih perusahaan tersebut dibandingkan perusahaan lainnya.

 

-II-

 

 

Dengan memperhatikan kelima hal tersebut, sebuah perusahaan diharapkan dapat memberikan pelayanan yang tidak hanya berkesan namun juga benar-benar mampu memberikan apa yang client inginkan.

 

Karena itulah, tim Vendorin selalu berusaha melakukan hal-hal tersebut kepada client Vendorin demi memberikan pelayanan yang maksimal dan sesuai dengan core value Vendorin itu sendiri.

 

Ingin berkonsultasi lebih lanjut terkait produksi kamu? Atau sudah siap melakukan produksi?

 

Segera hubungi tim kami ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *